Sabtu, 30 Maret 2013

KOMPONEN-KOMPONEN YANG DIGUNAKAN UNTUK INSTALASI LISTRIK



KOMPONEN-KOMPONEN YANG DIGUNAKAN UNTUK INSTALASI LISTRIK

PIPA PELINDUNG
Jika yang digunakan penghantar NYA, maka harus menggunakan pelindung pipa, sedangkan untuk jenis lain misalnya NYM atau NYY tidak diharuskan, tetapi jika menggunakan pipa akan diperoleh bentuk yang lebih baik dan rapi.
Penggunaan pipa pada instalasi listrik dapat dipasang didalam tembok/beton maupun di luar dinding/pada permukaan papan kayu, sehingga terlihat rapi. Pemasangan didalam tembok sangat bermanfaat di samping sebagai pelindung penghantar juga saat dilakukan penggantian penghantar di kemudian hari akan mudah dan efisien. Pengerjaan pipa ini meliputi memotong, membengkok dan menyambung.
Jenis Pipa Pelindung
Untuk sementara ini jenis pipa yang digunakan pada instalasi listrik ada tiga macam, yaitu:

1.   Pipa union
                Pipa union adalah pipa dari bahan plat besi yang diproduksi tanpa menggunakan las
dan biasanya diberi cat meni berwarna merah. Pipa union dalam pengerjaannya mudah dibengkok dengan alat pembengkok dan mudah dipotong dengan gergaji besi. Jika lokasi pemasangannya mudah dijangkau tangan, maka harus dihubungkan dengan pentanahan, kecuali bila digunakan untuk menyelubungi kawat pentanahan (arde). Umumnya dipasang pada tempat yang kering, karena untuk menghindari terjadi korosi atau karat.
2.   Pipa paralon atau PVC
                Pipa ini dibuat dari bahan paralon/PVC. Jika dibandingkan dengan pipa union, keuntungan
pipa PVC adalah lebih ringan, lebih mudah pengerjaannya (dengan pemanasan) dan merupakan bahan isolasi, sehingga tidak akan mengakibatkan hubung singkat antar penghantar. Di samping itu penggunaannya sangat cocok untuk daerah lembap, karena tidak menimbulkan korosi. Namun demikian, pipa PVC memiliki kelemahan yaitu tidak tahan digunakan pada temperatur kerja di atas 60°C.
3.   Pipa fleksibel
                Gambar 2.99 Pipa fleksibel
Pipa fleksibel dibuat dari potongan logam/PVC pendek yang disambung sedemikian rupa sehingga mudah diatur dan lentur. Pipa ini biasa digunakan sebagai pelindung kabel yang berasal dari dak standar ke APP, atau juga digunakan sebagai pelindung penghantar instalasi tenaga yang menggunakan motor listrik, misalnya mesin press, mesin bubut, mesin skraf, dan lain-lain.

KLEM
Klem atau sering disebut juga sengkang adalah komponen untuk menahan pipa yang dipasang pada dinding tembok atau dinding kayu atau pada plafon. Klem dibuat dari bahan besi atau PVC dan mempunyai ukuran yang sesuai dengan pipa yang digunakan. Pemasangannya dengan menggunakan sekrup kayu.
KOTAK SAMBUNG
Menurut peraturan, penyambungan kawat tidak boleh dilakukan di dalam pipa. Oleh karena itu untuk pemasangan sakelar/stop kontak, menyambung kawat atau untuk percabangan saluran diperlukan kotak sambung. Bentuk kotak sambung ada empat macam, sesuai dengan keperluan sambungan yaitu:
•Kotak sambung cabang satu untuk tempat penyambungan kawat dengan sakelar
atau stop kontak
•Kotak sambung cabang dua untuk sambungan lurus
•Kotak sambung cabang tiga untuk sambungan percabangan
•Kotak sambung cabang empat untuk sambungan cross/cabang empat
SAKLAR
Fungsi sakelar adalah untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik dari sumber ke pemakai/beban. Sakelar terdiri dari banyak jenis tergantung dari cara pemasangan, sistem kerja, dan bentuknya

Kabel listrik
Kabel listrik merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik.
Fiting
Fiting adalah tempat memasang bola lampu listrik, dan menurut penggunaannya  dapat dibagi menjadi tiga jenis  : fiting langit -langit, fiting gantung, dan fiting kedap air. 


a. Fiting langit-langit
                Pemasangan fiting langit-langit ditempelkan pada langit-langit (eternit) dan dilengkapi dengan roset. Roset diperlukan untuk meletakan/penyekerupan fiting supaya  kokoh kedudukannya pada langit-langit.
b. Fiting gantung
Pada fiting gantung dilengkapi dengan tali snur yang berfungsi sebagai penahan beban  bola  lampu  dan  kap  lampu, serta untuk menahan konduktor dari tarikan beban tersebut
C. Fiting kedap air
                Fiting   kedap   air   merupakan   fiting   yang   tahan   terhadap   resapan/rembesan   air.  Fiting jenis ini dipasang di tempat        lembab atau tempat yang mungkin bisa terkena air  misalnya   fiting   untuk   di   kamar   mandi.   Konstruksi   fiting   ini   terbuat   dari   porselin, dimana bagian kontaknya terbuat dari logam kuningan atau tenbaga dan bagian ulirnya dilengkapi dengan karet yang berbentuk c incin sebagai penahan air
STOP KONTAK
stop   kontak   merupakan   tempat   untuk   mendapatkan   sumber   tegangan listrik yang diperlukan untuk pesawat atau alat listrik atau juga tempat untuk menyimpan listrik

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut