Jumat, 26 Oktober 2012

DESALINASI

PROSES DESALINASI




                                                        Gambar  proses desalinasi


            Setelah melalui beberapa penyaringan, air laut yang telah disaring ditampung di water in take, kemudian air dipompa oleh DSWP menuju desalination plant sebelum sampai di desalination plant air laut tersebut melewati Chemical tank untuk diberi anti scalan dan anti foam untuk mencegah adanya biota laut yang akan berkembangbiak, setelah sampai di desalination plant air laut dipisah dari kadar garamnya, disalination plant juga terjadi proses evaporasi, yang awalnya air laut tersebut dipanaskan oleh brine heater, hasil uap tersebut menghasilkan air yang baik yaitu nilai conductivity  berkisar   antara 10 µms sampai  dengan 85 µms. Dan air yang tidak ter-evaporasi dengan baik akan dialirkan ke blondown dan dinetralkan kembali oleh wwtp sebelum kemudian dibuang kelaut kembali.
            Hasil air dari desalination plant disimpan di raw water tank air ini pun sudah dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti air untuk pemadam kebakaran dan MCK. Kemudian dari raw water tank air dipompa oleh destilate pump untuk menuju ke water treatman plan, di WTP air diolah sehingga menghasilkan air murni yang dapat digunakan untuk menyuplai air ke kondensor yang akan digunakan untuk proses penguapan di HRSG. Hasil air dari WTP ini memilik nilai conduktivity  ≤ 0.5 µms.
            Hasil dari proses di water treatmant plant kemudian disimpan di make up water tank yang kemudian digunakan untuk berbagai keperluan.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut