Jumat, 26 Oktober 2012

PRINSIP KERJA PLTGU


PRINSIP KERJA PLTGU

                             


                               


Gambar  COMBINED CYCLE(PLTGU)

    Pada PLTG, udara yang masuk ke kompresor dinaikan tekanannya menjadi udara bertekanan tinggi, kemudian udara tersebut dialirkan keruang bakar. Didalam ruang bakar udara ini dicampur dengan bahan bakar dan dibakar. Apabila menggunakan bahan bakar gas (BBG) maka gas dapat langsung dicampur dengan udara untuk dibakar. Tetapi apabila bahan bakar minyak (BBM), maka BBM ini
harus dijadikan kabut terlebih dahulu kemudian baru dicampur dengan udara untuk dibakar. Pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar menghasilkan gas bersuhu tinggi, gas hasil pembakaran ini kemudian dialirkan keturbin untuk disemprotkan pada sudu-sudu turbin sehingga energi gas dikonversi menjadi energi mekanik didalam turbin penggerak generator dan akhirnya menghasilkan listrik.
   Gas buang dari PLTG masih memiliki temperatur yang tinggi, nah gas buang dari PLTG dimanfaatkan untuk menggerakan turbin uap, sebelum keturbin hasil gas buang tersebut dialirkan ke HRSG  di HRSG gas buang dari PLTG yang relatif tinggi diuabah menjadi uap penggerak turbin uap. Setelah itu uap tersebut dapat menggerakan turbin uap, ketika rotor pada turbin berputar maka rotor pada generator ikut berputar karena poros keduaanya dikopel ketika rotor pada generator berputar maka akan menghasilkan energi listrik.
   Ketika uap memutar poros turbin, uap mengalami penurunan temperatur dan sebagian uap mengalami kondensasi kemudian campuran uap dan cairan jenuh mengalir ke kondensor dan pada kondensor semua uap diembunkan menjadi cairan. Di kondensor uap didinginkan dengan menggunakan air yang berasal dari air laut yang telah diproses. Proses desalinasi akan dibahas pada bab selanjutnya.
   Setelah dari kondensor air dialirkan menuju daerator di daerator uap yg telah menjadi air dikumpulkan dan dipompa lalu dialirkan kembali ke HRSG dan di HRSG air tersebut dipanaskan dan di rubah menjadi uap dan hal tersebut terjadi berulang-ulang dan sering disebut close cycle.
  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut