Minggu, 15 Juli 2012

FAEDAH DIBALIK KESABARAN


Sabar, memang berat. Namun di balik beratnya kesabaran tersimpan rahasia keutamaan yang menakjubkan.
Nah apa saja faedahnya??.

1.    Allah jadikan sebagai orang yang berhak mendapatkan kepemimpinan dalam agama dengan sebab kesabaran.
sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah,
Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar .Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami. (Q.S.As-sajdah:24)

2.    Allah meolong mereka atas musuh-musuhnya apa bila mereka bersabar dan bertakwa. Hal ini langsung dijelaskan allah dengan firmannya :
Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda. (Ali-Imran:125)
Dan firmannya
Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.  (Q.S.Ali-Imran:120)


3.    Memperoleh sholawat, rahmat dan petunjuk allah
Seperti dijanjikan firman allah :
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun”.  Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.  (Q.S.Al-baqarah:155-157)

4.    Mendapatkan kecintaan Allah
Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar”.  (Q.S.Ali-Imran:146)

5.    Sabar itu menjadi sebab kebaikan didunia dan akhirat
Inilah yang dijanjikan allah dalam firmannya:
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu . Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. (Q.S.An-nahl:126)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut