Minggu, 17 Juni 2012

MEMBUKA PINTU SURGA

Bersumber dari Mu’adz bin jabal radhiyallahu anhu, ia berkata, aku bertanya,”wahai rasulullah, adakah suatu amal yang dapat memasukan aku kedalam surga dan menjauhkan aku kedalam neraka.”beliau bersabda, “O, ternyata kamu menanyakan sesuatu yang sangat besar, dan sesungguhnya hal itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh allah ta’ala. (kalau kamu ingin tahu maka jawabannya adalah ) kamu harus menyembah allah tanpa mempersekutukan dia dengan sesuatu apapun, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan dan pergi haji”. lebih lanjut beliau bersabda, “ Mau kah kamu aku beritahu tentang pintu-pintu surga? Puasa dalah tirai, sedekah dapat menghapus kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api, dan shalatnya seseorang di tengah malam”. Setelah membaca ayat, “ lambung mereka jauh dari tempat tidurnya”. Beliau bersabda, “ maukah aku beri tahu pokok,tiang,dan puncak segala perkara?” aku menjawab, “tentu, wahai rasullullah”. Beliau bersabda, “ pokok perkara adalah islam, tiangnya adalah shalat, dan puncakanya adalah jihad”. Kemudian beliau bersabda, “mau kah kalian aku beritahu sesuatu yang dapat memiliki semua itu?” aku menjawab, “tentu, wahai rasulllullah”. Seraya memegang lidah beliau bersabda, “ JAGALAH INI. ” aku bertanya , “ wahai nabi allah, apakah kami akan dituntut atas apa yang kami ucapkan?” beliau bersabda, “ tentu saja!  Bukankah yang membuat orang-orang diseret wajahnya ke neraka atau hidungnya adalah akibat dari yang diucapkan dari lisannya?” (diriwayatkan oleh At Tirmidzi, hadist ini dinilai shahih oleh Al Albani dalam shahih Al jami ‘).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut